Thursday 24 January 2019

RIRI DAN GIGI

1:06 pm

Share it Please

Riri diperiksa gigi
Di sekolah Riri yang sekaligus daycare ada pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Selama Riri bersekolah di sana, kalau tidak salah hitung, sudah 4x pemeriksaan gigi. Tiga kali dengan dokter yang sama yaitu drg. Budi, dokter spesialis gigi anak, dan 1x dengan dokter lain. Sepertinya saat itu dokter Budi berhalangan .


drg. Budi

Pemeriksaan pertama, gigi Riri bagus. Pemeriksaan kedua ada sedikit karang gigi. Ini akibat dari pembersihan gigi yang tidak maksimal. Saat itu, Riri sudah mulai malas digosok giginya. Pemeriksaan ketiga, gigi Riri bersih dari karang gigi. Ibu agak sedikit memaksa saat membersihkan giginya saat menggosok gigi bersama-sama.

Anak-anak paling senang mencontoh yaa… Jadi kalau mau anak kita rajin gosok gigi, kita harus rajin gosok gigi di depan dia. 

Pemeriksaan gigi keempat, lagi-lagi ada karang gigi di geraham Riri jauh di dalam sana. Dan ini karena pembersihan yang tidak maksimal. Riri sudah bisa menggosok gigi sendiri karenanya sikat yang dipegangnya tidak bisa menjangkau sisi gigi bagian dalam.
Trus gimana penanggulangannya? Ke dokter gigi bersihin karang gigi?
Tidak. Tapi Riri diajari cara membersihkan gigi bagian dalam. Dan lagi-lagi Ibu memberi contoh, meski kadang dengan cara pantomime ; menggerak-nggerakkan tangan, gigi, mulut dan wajah seolah-olah sedang menggosok gigi.


Perlunya Menggosok Gigi Minimal 2x Sehari

Menggosok gigi yang tepat memang sebaiknya dilakukan minimal 2x setelah sarapan pagi dan menjelang tidur malam. Ternyata ini ada pengaruhnya ya?

Menurut drg Budi, jika kita tidak menggosok gigi setelah sarapan, sisa makanan yang akan mengundang bakteri yang mengubah mulut menjadi asam. Dan itu yang akan merusak kesehatan gigi. Bisa dibayangkan, jika keasaman mulut itu berlangsung selama lebih kurang 8 jam sampai waktunya menyikat gigi kembali saat mandi sore dan 10 jam jika kita menggosok gigi menjelang tidur. Jadi jika kita menyikat gigi setelah sarapan, akan mengurangi keasaman yang terjadi di dalam mulut.

Berapa kali sebaiknya menyikat gigi?

Minimal 2x sehari. Selebihnya bisa setelah makan siang.
Saat menyikat gigi gunakan pasta gigi atau odol secukupnya. Yaitu sebesar biji kacang polong di ujung sikat.


Ini nih pasta giginya Riri.


Ih kok dikit amat?

Iya. Karena jika berlebihan, yang terjadi adalah email gigi bisa mengalami fluorosis yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Beberapa kandungan pasta gigi lainnya yang akan sangat berbahaya jika dipakai secara berlebihan karena merusak kesehatan gigi dan mulut.

Yuk, jaga kesehatan gigi kita. Karena gigi sehat bikin bahagia.
Tak akan ada sakit gigi, apalagi sakit hati.



0 komentar:

Post a Comment